Jumat, 13 Maret 2015

Membantu Mahasiswa Galau

Banyak sekali mahasiswa atau peneliti yang ingin melakukan penelitian tapi masih bingung apa yang akan mereka teliti. Bahkan mahasiswa tingkat akhir juga masih bingung tentang apa yang akan mereka teliti untuk mereka jadikan skripsi atau thesis. Saya sudah membaca beberapa artikel yang menurut saya artikel tersebut akan sangat membantu sekali untuk para mahasiswa yang masih bingung tentang apa yang akan mereka teliti. Dan saya mencoba merangkumnya agar teman-teman mudah memahaminya. Berikut adalah tahapan memulai penelitian untuk teman-teman yang masih bingung akan meneliti apa.
  1. Tentukan bidang garapan (Research Field)
      Kebanyakan Mahasiswa bingung menentukan topik yang akan digunakan untuk skripsi atau thesis yang akan dibuat, itu artinya mereka kuliah selama 3-4 tahun dengan sia-sia karena tidak memahami isi matakuliahnya. Padahal dalam satu matakuliah yang diikuti mewakili salah satu cabang disiplin ilmu dari ilmu komputer, dan secara otomatis menunjukkan bidang penelitian yang bisa dikerjakan. Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk melihat bidang yang akan dikerjakan, yaitu dengan melihat journal ilmiah.

  2. Tentukan Topik/Tema Penelitian (Research Topic)
      Setelah menemukan apa yangakan dibuat, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan topik untuk penelitian. Agar lebih mudah menemukan topik yang akan dikerjakan, kita bisa banyak-banyak membaca buku, paper, atau artikel.
      Pemahaman yang tidak komprehensif pada topik yang dipilih akan membuat peneliti kesulitan dalam menemukan masalah penelitian, menetapkan tujuan penelitian dan akhirnya gagal menyusun proposal penelitian yang baik.
      Untuk menenyajikan topik penelitian dalam satu gambar, banyak sekali teknik yang tersedia, salah satunya adalah mind map. Mind map membantu kita untuk memahami suatu hal yang kompleks cukup dengan satu gambar saja. Sifatnya yang divergen dan membentuk cabang serta ranting dalam bentuk herarki membantu kita secara alami dan pelan-pelan membiat peta pemikiran tentang suatu hal.
      Dengan menyusun mind map tentang topik penelitian kita, pemahaman kita akan lebih komperhensif.
  1. Tentukan Masalah (Research Problem)
      Setelah menentukan topik yang akan dikerjakan, kita harus mencari dan menemukan masalah pada topik tersebut. Cara termudah menentukan masalahnya adalah melakukan review paper atau journal. Yang pertama lakukan review pada journal yang sifatnya “review”, kemudian dilanjutkan dengan review journal yang sifatnya “technical”.

      Setelah kita tahu masalah yang akan kita teliti, alangkah lebih baik kalau kita juga menulis latar belakang masalah yang baik. Berikut adalah kiat menyusun alur latar belakang masalah penelitian :

      1. Pahami 2 gaya research dibidang computing
        Ada dua gaya research dibidang computing, yaitu :
      • Computer Science
        Computer Science berhubungan dengan dan perbaikan metode yang sudah ada.
      • Information System
        Information System berhubungan dengan interaksi teknologi dan sosial termasuk analisa kesuksesan penerapan teknologi dan sistem informasi.
      1. Menjawab semua pertanyaan "Why" di judul
          Latar belakang masalah penelitian akan menjawab semua pertanyaan “mengapa” dari judul penelitian kita.
      2. Pola alur dan pokok pikiran paragraf
          Kunci dari keberhasilan menyusun latar belakan masalah penelitian seberapa komprehensif kita merangkum penelitian kita. Tulisan yang baik adalah tulisan yang hanya dengan membaca latar belakang masalah, orang langsung bisa memahami apa yang kita lakukan pada penelitian kita.
      3. Belajar menulis dengan ATM
          Cara paling cepat agar kita mahir menulis paper ilmiah dan thesis adalah dengan melakukan ATM (Amati-Tiru-Modifikasi).
      4. Rumusan masalah dan Tujuan penelitian
          Setelah berhasil menyusun latar belakang, maka masalah dan tujuan penelitian pasti dapat dirangkum dengan baik

  2. Rangkum Metode Yang Ada (State Of The Art Methods)
      Kemudian kita pelajari semua penelitian yang tujuannya memecahkan masalah yang sama dengan apa yang kita lakukan. Pahami method dan algoritma terkini yang digunakan.

  3. Tentukan Metode yang kita Usulkan (Proposed Method)
      Kita harus bisa menentukan metode yang akan digunakan dan nantinya metode tersebut diharapkan akan bisa berjalan lebih baik dari metode yang sebelumnya. Perbaikan metode menghasilkan kontribusi. Dalam penelitian, khususnya penelitian computing mengarah ke perbaikan metode/algoritma/model yang kita usulkan itu, kemudian kita ukur dan kita bisa membuktikan bahwa metode/algoritma/model yang kita buat lebih efisien dari sebelumnya.

Semoga apa yang saya ringkas ini bisa membantu teman-teman mahasiswa yang masih galau mau meneliti apa. Semoga Bermanfaat. :)

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar