Sabtu, 29 Maret 2014

Calculator Simple sihh... Tapi bikin puyeng juga.. :D

Ulalalalalaa...... Tugas lagi nih, kali ini di suruh bikin calculator. Oke, setelah gugling kemana mana, dan akhirnya dapet tutorial buat bikin yang simple. Dengan sedikit  modifikasi yang membikin puyeng kepala saya juga, akhirnya calculator ini jadi juga. haha.. :D

Oke, sekarang saatnya saya bebrbagi gimana sih caranya bikin calculator.

Pertamatama, buat Android Project baru kalian, dengan cara klik File - New - Android Application Project. Maka akan keluar tampilan seperti ini :

Beri nama pada aplikasi baru yang akan kalian buat. Lalu klik next sampai finish. Setelah itu akan keluar workspace yang akan digunakan untuk menulis coding kalian. Nah, pada lembar kerja MainActivity.java, kalian dapat menulis seperti ini :

Pada bagian buttonAkar, kalian dapat membuat fungsi sendiri seperti yang saya lakukan, atau kalian dapat menggunakan fingsi Math.sqrt yang sudah tersedia seperti yang saya lakukan pada buttonPangkat yang menggunakan fungsi Math.pow. Kemudian, pada main_activity.xml, kalian dapat mengisinya seperti ini :


Oiya, jangan lupa di save yaa.. Takutnya ntar terjadi sesuatu yang tidak terduga pada saat kalian melakukan coding (bukannya doain, tapi lebih baik mencegah kan?). haha... :D
setelah itu pada strings.xml, kalian dapat menulis seperti ini :


Dan ini adalah isi tulisan pada Calculator Manifest :

Gimana? udah beres sama codingannya kan? Nah sekarang saatnya kita launching applikasi yang udah kita buat tadi dengan menggunakan AVD. Biar nggak susah, kita klik saja icon Android Virtual Device Manager yang ada pada toolbar. Lalu, akan muncul jendela seperti ini :


Kalau kalian belum pernah membuat AVD, maka kalian harus membuatnya dulu dengan cara klik  New, lalu akan muncul tampilan jendela seperti ini :


Beri nama pada AVD kalian, dan pilih lah Device yang kalian inginkan, tapi ingat, jangan sampai device yang kalian pilih bikin laptop atau komputer kalian keberatan yaa, kan ntar kasian mereka bisa jadi lemot, dan bisa jadi Emulator kalian nggak mau jalan, hahaha. Setelah itu kalian klik OK.
Lalu kalian pilih AVD yang telah kalian buat tadi dan klik start, maka akan muncul tampilan seperti ini :


Tunggu sampai proses selesai. Setelah proses selesai, akan keluar tampilan emulator android kalian seperti ini :


Setelah itu, kalian bisa menjalankan aplikasi calculator yang tadi udah kalian bikin, dan taadaaaaa.......... ini lah tampilan calculator sederhana yang udah kalian buat... :D


 Kalian bisa langsung cobain deh calculator yang tadi udah kalian bikin sendiri.. :D

Gimana? nggak susah susah amat kan? Yaa, walaupun tetep bikin puyeng kepala juga... hahaa.. :D
Oke, semoga bermanfaat, Selamat mencoba.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar